8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran

INIRUMAHPINTAR - Inilah 8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran - Tidak ada satupun manusia bumi yang tidak menginginkan kebahagiaan kekal seperti kehidupan surga. Bagaimanapun keadaannya, surga selalu menjadi impiannya. Namun, tidak semua orang yang rindu menjadi penghuni-penghuni surga juga dirindukan surga. Tidak sedikit malah dirindukan neraka, tempat kekalnya penyiksaan dan penghukuman atas dosa-dosa dunia. 

Banyaknya godaan, cobaan, dan ujian di dunia umumnya membuat manusia terlena. Akibatnya, perindu-perindu surga yang benar-benar membuktikannya dengan penghambaan sepenuh hati hanyalah sebagian kecil dari umat manusia. Kebanyakan malah jatuh ke kubangan dosa, bergelimangan gemerlap kebahagiaan semu, dan justru jauh dari sifat-sifat calon penghuni surga. 

Surga adalah tempat setinggi-tingginya kesenangan. Tiada tempat yang lebih indah dari surga, sebagaimana yang dijanjikan Allah dalam kitab-kitabNya. Sayangnya, walaupun manusia telah tahu kabar tersebut, masih banyak yang berkilah, menunda-nunda menjadi manusia bertobat dan lupa taat dalam istiqamah hingga akhir hayat. Akhirnya, mereka mati dalam di saat dosa-dosa belum terampuni dan sebagai hadiah doorprize, mereka akan memperoleh tiket gratis menginap dan menikmat seluruh fasilitas penyiksaan di hotel prodeo alam akhirat, yaitu Neraka Jahannam. 

Lalu, siapakah yang akan digolongkan Penghuni-Penghuni Surga Menurut Quran? Siapakah mereka yang beruntung itu? Pertanyaan ini masih sering terdengar di telinga walaupun telah banyak sumber yang memberikan jawaban. Oleh karena itu, agar lebih paham dan yakin memperoleh jawaban paling akurat, simak petikan ayat dari Alquran berikut ini: 

1. Penghuni surga yaitu yang beriman dan berbuat baik 

Alquran (Al-Baqarah):25 - Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu". Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya. 

2. Penghuni surga yaitu orang yang bertaqwa 

Alquran ('Āli `Imrān):14 - Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). 

Alquran ('Āli `Imrān):15 - Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. 


3. Penghuni surga yaitu yang senantiasa berdoa 

Alquran ('Āli `Imrān):16 - (Yaitu) orang-orang yang berdoa: Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka, 

Penghuni surga yaitu orang yang sabar, benar, taat, menafkahkan harta, memohon ampun di waktu sahur 

Alquran ('Āli `Imrān):17 - (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun di waktu sahur. 

4. Penghuni Surga yaitu orang yang taat pada Allah dan Rasul 

Alquran (An-Nisā'):13 - (Hukum-hukum tersebut) itu adalah ketentuan-ketentuan dari Allah. Barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya kedalam surga yang mengalir didalamnya sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah kemenangan yang besar 

5. Penghuni surga yaitu orang yang menjauhi dosa besar 

Alquran (An-Nisā'):31 - Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). 

6. Penghuni surga yaitu orang yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat 

Alquran (Al-Mā'idah):12 - Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah Kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari jalan yang lurus. 

7. Penghuni surga yaitu orang yang mengerjakan amal saleh 

Alquran (Al-'An`ām):127 - Bagi mereka (disediakan) darussalam (surga) pada sisi Tuhannya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal saleh yang selalu mereka kerjakan. 

8. Penghuni surga yaitu mukmin laki-laki dan perempuan 

Alquran (At-Tawbah):72 - Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, dan (mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar. 

Demikianlah 8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran. Jika ada tambahan informasi dari sumber lain, silahkan tambahkan di kolom komentar. Jangan lupa like dan share agar banyak orang yang memperoleh manfaat dan kebaikan. 

0 Response to "8 Kriteria Calon Penghuni Surga Menurut Al-Quran"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!