Inilah Manfaat Google Search yang Tidak Disadari

INIRUMAHPINTAR - Siapa sih yang tidak mengenal Google? Dengan fasilitas Google search yang dimiliki, mesin telusur ini dapat diandalkan setiap saat kita membutuhkan informasi dalam berbagai topik. Jika dulu kita mengenal peribahasa bahwa buku adalah jendela dunia, maka sekarang yang paling tepat adalah Google search adalah jendela alam semesta. 

Diawali dengan hadirnya teknologi internet, Google search sedikit demi sedikit melebarkan sayap ke tengah-tengah peradaban manusia hingga membumi ke seluruh penjuru negeri, menembus batas jarak dan waktu, semakin mendekat dan tidak lagi bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia. 

Dengan hanya mengandalkan sentuhan jari telunjuk, Google search dapat dengan mudah diakses di berbagai perangkat canggih seperti laptop, komputer, tablet, hingga beragam varian ponsel pintar. Bahkan, kita seringkali tidak menyadari betapa bermanfaatnya Google search bagi sepak terjang kita menjalani kehidupan. 

Apapun profesi dan status yang dimiliki, dalam sehari saja, kita bisa mengunjungi Google search berkali-kali tanpa kita sadari. Ketika di pagi hari misalnya, kita ingin mencari kabar-kabar terbaru seputar politik, ekonomi, hiburan, bisnis, olahraga dan teknologi, siapa bisa mengelak, kita membuka browser lalu berselaanjar di dunia Google search. 

Sementara itu, ibu-ibu atau para istri baru yang ingin belajar memasak tidak lagi kewalahan mencari resep-resep makanan dan minuman. Adapun, yang menyukai petualangan, tentu tidak pernah ketinggalan mencari destinasi wisata dan tiket-tiket pesawat/hotel dengan mengandalkan Google search.

Begitupun muda-mudi yang berstatus gamers sejati, tidak pernah ketinggalan mencari game-game baru dan menantang untuk ditaklukkan. Belum lagi mereka yang berstatus pelajar sekolah dasar, menengah pertama, menengah atas, menengah kejuruan hingga mahasiswa, sehari pun tidak luput mengandalkan Google search sebagai destinasi utama dalam belajar dan mencari referensi.

Bukan hanya itu, para guru dan dosen pun tidak ketinggalan menikmati mewahnya pelayanan mesin telusur Google. Ketika mencari buku-buku rujukan, atau artikel/jurnal ilmiah baik nasional maupun internasional, mereka mesti bergantung pada Google search.

Di tempat lain, para pengusaha yang ingin mencari ide-ide baru untuk dikembangkan menjadi bisnis atau pengangguran yang sementara mencari kerja juga dipastikan intim dengan kendaraan canggih bernama Google search. 

Tak ingin kalah, pejabat pemerintah, politikus, hingga kepala negara sekalipun akrab dengan mesin telusur Google untuk mengamati tren-tren politik yang sedang berkembang. Tentu saja, informasi-informasi yang diperoleh memiliki andil dalam membentuk sikap politik mereka. 

Jadi, jujur saja, ada banyak manfaat dari Google search yang tidak kita sadari. Apapun profesi, status, jabatan, dan berapapun usia kita, Google adalah partner terbaik untuk mendukung setiap aktivitas di dalam kehidupan ini.

Namun, selain manfaat positif yang dapat diperoleh, jika kurang hati-hati, kita pun bisa terjebak lalu menjadi mangsa empuk yang tidak terkendali. Tanpa kita sadari, konten-konten yang tersebar di internet ada yang tidak sesuai dengan nilai-nilai karakter dan kearifan timur yang kita miliki. Jadi, kontrol diri adalah kunci dalam memanfaatkan Google sebagai gerbang bijaksana menuju link-link bermuatan positif.

Dalam istilah bahasa Inggris, Google search can be a friend or a foe. Artinya, Mesin telusur Google dapat menjadi kawan atau lawan. Namun, itu bergantung dari kepribadian kita sendiri. Google menyediakan pintu kemana saja sementara kita yang memilih pintu mana yang kita butuhkan lagi bermanfaat bagi diri sendiri dan our lives.

Ada kalanya memang, tanpa disadari dan tanpa diniatkan, rasa penasaran menggelitik kita untuk tahu yang belum kita tahu, ingin melihat apa yang belum pernah kita lihat, ingin mendengar apa yang belum pernah terdengar, dan ingin menikmati apa yang belum pernah kita nikmati. Semua tersedia dalam ruang semesta Google. Namun, salah memanfaatkan teknologi pencari tersebut bisa berakibat fatal.

Orang tua perlu memantau anak-anak mereka menggunakan fasilitas Google search. Muda-mudi patut hati-hati menjaga diri dan mental. Dan para orang dewasa perlu mengontrol diri sendiri agar tidak terlena dengan konten-konten negatif. Semoga saja kita selalu patuh pada rambu-rambu berkarakter agar kita tumbuh menjadi pengguna Google yang memperoleh manfaat bukan mudharat. 

Nah, ternyata banyak manfaat dari Google search yang tidak kita sadari. Namun, tidak sedikit mudharatnya juga. Kini, semua dikembalikan ke individu-invidu masing. Peribahasa mengatakan, "apa yang ditanam, itulah yang dituai". Artinya, apapun yang kita investasikan dalam hidup kita, itulah yang akan kita panen di masa depan. Termasuk bagaimana kita memanfaatkan fasilitas Google search pada right path (jalur yang benar) dan right time (waktu yang tepat). 

Sekian dulu kecomelan akhir pekan yang sempat tercurah pada kesempatan ini. Sampai di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Inilah Manfaat Google Search yang Tidak Disadari"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!