Catat! Inilah Kampus Favorit, Terbaik, dan Pilihan di Parepare

INIRUMAHPINTAR - Pada umumnya, setelah lulus SMA, para pelajar di Sulawesi Selatan memilih kota Makassar sebagai destinasi utama untuk melanjutkan pendidikan. Hal itu di satu sisi merupakan hal wajar karena Makassar adalah pusat pendidikan di Indonesia bagian timur. Itu dibuktikan dengan tersedianya beragam pilihan universitas, jurusan, serta program studi favorit, terbaik, dan pilihan di kota daeng ini. Namun, sayangnya, di sisi lain tidak semua kampus di Makassar mampu menampung jumlah calon mahasiswa yang menyerbu dari segala penjuru di awal tahun ajaran baru.

Dengan kata lain, tidak semua lulusan SMA bisa bersaing dalam memperebutkan kursi perkuliahan di ibu kota. Selain kuota terbatas, daya saing mahasiswa tiap tahun pun semakin meningkat. Walhasil, sebagian dari mereka yang kurang beruntung, rela menunggu untuk mendaftar ulang di universitas favorit hingga tahun berikutnya. Sebagian yang lain memilih kembali ke kampung halaman sembari kuliah di perguruan tinggi yang dianggap kurang populer. 

Sebagai renungan, motivasi para lulusan SMA yang memilih Makassar sebagai target nomor wahid untuk kuliah pun diakui berbeda-beda. Sebagian bermaksud untuk benar-benar kuliah sembari menikmati mewahnya ibukota. Sebagian yang lain justru terperdaya dan menjadikan kota Anging Mamiri ini sebagai lembah kebebasan. Jauh dari orang tua, oleh mereka dimanfaatkan untuk membebaskan diri memilih pergaulan dan kehidupan di luar batas kewajaran lalu mengesampingkan niat dan kesungguhan untuk mengenyam pendidikan hingga tak sedikit yang pulang kampung bukan dengan gelar S2 melainkan titel berbadan dua.

Andai mereka tahu, bahwa indahnya ibu kota berjalan seiring dengan tingginya pengaruh negatif seperti hedonisme, pergaulan bebas, kriminalisme, dunia malam, dll yang siap memangsa para pendatang baru di ibu kota, termasuk kaum-kaum lugu nan polos bergelar calon mahasiswa baru (maba).

Lagipula, kuliah di ibu kota dipastikan sangat mahal. Berdasarkan hasil penelusuran secara random, harga sewa kamar kos termurah di Makassar  tahun 2016/2017 telah mencapai kisaran 4 hingga 6 juta per tahun. Belum lagi biaya hidup, mahaaaaal. Semua harus dibeli dan tidak ada yang gratis. Itu belum termasuk biaya transportasi, kebutuhan kuliah (buku, fotocopy, makalah), dan kebutuhan-kebutuhan lain yang seringkali datang tanpa diundang.

Terlepas dari dilema dan tantangan perkuliahan di kota Makassar,  ada baiknya para calon mahasiswa (i) yang menetap di sekitar Parepare, seperti Pinrang, Sidrap, Barru, Polman, Enrekang, Sengkang, dan Soppeng mempertimbangkan beberapa kampus pilihan di kota Parepare sebagai destinasi tempat kuliah alternatif. Jangan khawatir! karena beberapa kampus yang disebutkan di bawah ini merupakan kampus recommended dan patut diandalkan. Catat! Inilah Kampus Favorit, Terbaik, dan Pilihan di Parepare versi INIRUMAHPINTAR:
Antusiasme Kuliah di Parepare Semakin Meningkat, Ayo Gabung!

1. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare

Perguruan tinggi ini beralamat di Jalan Amal Bakti Nomor 8 Parepare, Bukit Harapan, Soreang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dengan lokasinya yang luas, asri, berbukit-bukit dihiasi panorama pantai di kejauhan, cita rasa kuliah di tempat ini memang tiada duanya. Merupakan satu-satunya perguruan tinggi negeri di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia, kampus ini kian tumbuh menjadi kampus favorit di wilayah Parepare dan sekitarnya. Saat ini STAIN Parepare ini tengah berjuang beralih status menjadi IAIN Parepare sembari menunggu proses realisasi pembangunan kampus 2.

Selanjutnya, dilihat dari ranking dan kualifikasi perguruan tinggi ini, para calon mahasiswa (i) tidak perlu ragu. Pasalnya, secara institusi STAIN Parepare kini telah mengantongi akreditasi B. Terlepas dari jatuh bangunnya sebuah perjuangan, kampus ini pun terbukti semakin baik dalam melakukan pelayanan pendidikan baik di tingkat S1 dan S2 sehingga telah dapat disandingkan dengan universitas-universitas ternama di Ibu Kota Sulawesi Selatan, Makassar. 

Di bidang prestasi akademik, kampus ini pun tercatat pernah meluluskan sejumlah alumninya dalam ajang pertukaran pelajar dan shortcourse di Amerika Serikat. Dan hingga kini pun terus sukses dalam kegiatan tahunan Super English Camp yang menghadirkan ratusan peserta dari berbagai sekolah di Sulawesi Selatan dan Barat. Bahkan, prestasi lain masih banyak lagi tetapi tidak disebutkan secara detail di tulisan ini.

Nah, bagi adik-adik pelajar yang berencana lanjut di kampus ini, silahkan melihat-lihat program-program studi yang ditawarkan oleh STAIN Parepare, berikut ini:

Pertama, Jurusan Tarbiyah dan Adab memiliki lima Program Studi (prodi), yaitu:
  1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), 
  2. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), 
  3. Prodi Bahasa Arab (PBA), 
  4. Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI), 
  5. Bahasa dan Sastra Arab (BSA). 
Kedua, Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam memiliki tujuh program studi, yaitu:
  1. Prodi Hukum Keluarga (Ahwal al-Syakhsiyyah), 
  2. Hukum Ekonomi Syariah (Mu’amalah), 
  3. Ekonomi Syariah (ES), 
  4. Hukum Pidana Islam (Jinayah), 
  5. Perbankan Syariah (PS), 
  6. Hukum Tata Negara (Siyasah), 
  7. Zakat dan Wakaf (ZW). 
Ketiga, Jurusan Dakwah dan Komunikasi memiliki empat program studi yaitu:
  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), 
  2. Bimbingan Konseling Islam (BKI), 
  3. Manajemen Dakwah (MD), 
  4. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

2. Universitas Muhammadiyah Parepare

Perguruan tinggi ini beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Km. 6, Bukit Harapan, Soreang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Dengan akreditasi institusi di level B yang berhasil diraihnya, UMPAR singkatan dari Universitas Muhammadiyah Parepare tidak salah digelari predikat sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Parepare. Dulunya kampus ini bernama STKIP Muhammadiyah Parepare lalu naik level menjadi Universitas Muhammadiyah Parepare pada tahun 1999. 

Seiring dengan berjalannya waktu, perbaikan di semua lini terus mengantarkan kampus ini menjadi buah bibir di kancah nasional dan internasional. Tercatat, di tahun 2016, UMPAR berhasil membuka program S3 (Doktor) Prodi Pendidikan Agama Islam, yang merupakan satu-satunya di wilayah Sulawesi Selatan. Selain itu, kerjasama dengan kampus-kampus di berbagai negara telah berlangsung hingga saat ini. Bahkan, dosen-dosen UMPAR hingga saat ini, banyak yang telah berhasil menembus kompetisi dalam seminar nasional dan internasional. Dan dalam waktu dekat, tidak lama lagi kampus ini akan sukses mengorbitkan sejumlah mahasiswa pilihan dan terbaik untuk menimba ilmu di Universitas rekanan di Malaysia.

Nah, dari segi lokasi, kampus ini sangat mudah diakses karena berada di tepi jalan protokol. Untuk itu, adik-adik pelajar yang berencana kuliah di wilayah Parepare, tidak usah khawatir dengan biaya akomodasi dan transportasi, banyak tersedia di dekat Kampus. 

Untuk itu, silahkan melihat-lihat fakultas-fakultas yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Parepare di jenjang S1 (Sarjana) berikut ini:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  1.  Program Studi Pendidikan Matematika
  2.  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  3.  Program Studi Luar Sekolah
  4.  Program Studi Biologi
Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan
  1.  Program Studi Agroteknologi
  2.  Program Studi Agribisnis
  3.  Program Studi Ilmu Peternakan
  4.  Program Studi Budidaya Pengairan
Fakultas Ekonomi
  1.  Program Studi Akutansi
  2.  Program Studi Pembanguan
  3.  Program Studi Ilmu Hukum
  4.  Program Studi Manajemen
Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
  1.  Program Studi Teknik Sipil
  2.  Program Studi Teknik Elektro
  3.  Program Studi Teknik Informatika
Fakultas Agama
  1.  Program Studi Pendidikan Agama Islam
  2.  Program Studi Dakwah dan Bimbingan Penyuluhan Islam
  3.  Program Studi Perbankan Syariah
  4.  Program Studi Pendidikan Guru Raudatul Athfal
Fakultas Ilmu Kesehatan
  1. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sementara di tingkat S2 (Magister), Kampus ini membina:

  1. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Prodi Pendidikan Agama Islam
  3. Prodi Agribisnis
Terakhir, di jenjang S3 (Doktor), kampus ini membina:
  1. Prodi Pendidikan Agama Islam 

Selain perguruan-perguruan tinggi yang disebutkan di atas, jangan lupa catat kampus-kampus pilihan lain yang tidak kalah baiknya berikut ini:
  1. Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar (Kampus Parepare) - Prodi D3 Keperawatan 
  2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Amsir Parepare
  3. Akademi Kebidanan Andi Makkasau Parepare
  4. Akademi Keperawatan Fatima Parepare

Semoga adik-adik pelajar yang berminat kuliah di Parepare merasa terbantu dengan informasi di atas. Ingat, dimanapun Anda kuliah, asalkan serius dan giat, keberhasilan ada di genggaman Anda. Jadi, kuliah tidak mesti di Makassar. Selamat mempertimbangkan dan berjuang meraih cita-cita!

0 Response to "Catat! Inilah Kampus Favorit, Terbaik, dan Pilihan di Parepare"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.