Fungsi Membran Vakuola pada Sel Tumbuhan

INIRUMAHPINTAR - Apa itu membran vakuola? dan apa saja fungsi-fungsinya?  Jika anda adalah pelajar yang penasaran ingin tahu lebih banyak tentang pembahasan salah satu topik dari pelajaran Biologi ini, jangan lewatkan untuk membaca penjelasan-penjelasan berikut ini ya!

vakuola merupakan organel bermembran yang berisi cairan vakuola. Vakuola terdapat pada sel hewan dan sel tumbuhan. Namun. vakuola pada sel tumbuhan memiliki bentuk dan fungsi yang lebih nyata dibandingkan dengan vakuola pada sel hewan. Tumbuhan yang masih muda memiliki sel dengan vakuola berukuran kecil, tetapi pada tumbuhan yang bertambah besar dan dewasa, vakuola tampak membesar bahkan mendominasi sitoplasma dan mendesak sitoplasma ke tepi dinding sel.

Pada dasarnya cairan sitoplasma bersifat hipertonik terhadap lingkungannya sehingga terjadi peristiwa osmosis, yaitu vakuola menyerap air. Akibatnya, vakuola membesar dan meningkatkan tekanan air di dalamnya (tekanan turgor) serta mendesak membran vakuola (tonoplas) ke arah sitoplasma. Sitoplasma meneruskan tekanannya ke arah dinding sel. Tekanan turgor berguna untuk mengatur gerakan osmosis cairan dar luar ke dalam sel. Dinding sel cukup kuat menahan tekanan sitoplasma, membatasi volume sitoplasma, dan menoegah sel pecah. Di lain pihak, tekanan dari luar sel kepada tonoplas cukup kuat untuk memelihara turgiditas sel (Latin, turgidus = menggelembung).

Vakuola berisi senyawa-senyawa cadangan makanan. misalnya asam amino, gula, beberapa asam organik, dan beberapa protein. Beberapa vakuola lainnya berisi metabolit sekunder. Metabolit sekunder adalah senyawa kimia yang tidak diperlukan oleh sel itu sendiri. Salah satu contoh metabolit sekunder adalah antosianin (pigmen sel) yang bertanggung jawab untuk warna ungu. merah jambu dan biru pada permukaan buah, bunga, dan daun.

Vakuola dan vesikula merupakan kantung terikat membran di dalam sel, tetapi vakuola lebih besar daripada vesikula. Vakuola mempunyai bermacam-macam fungsi. Vakuola makanan dibentuk oleh fagositosis. Banyak protista air tawar memiliki vakuola kontraktil yang memompa air berlebih keluar dari sel. Sel tumbuhan dewasa umumnya mengandung satu vakuola sentral besar yang dibungkus oleh membran yang disebut tonoplas, yang merupakan bagian dari sistem endomembrannya.


Vakuola sel tumbuhan merupakan ruangan yang serbaguna. Vakuola ini merupakan tempat menyimpan senyawa organik, seperti protein yang ditumpuk dalam vakuola sel penyimpanan dalam benih. Vakuola ini juga merupakan tempat penimbunan ion anorganik yang utama dari sel tumbuhan, seperti kalium dan klorida. Banyak sel tumbuhan menggunakan vakuolanya sebagai tempat pembuangan produk-samping metabolisme yang akan membahayakan sel itu sendiri jika produk-samping ini terakumulasi dalam sitosol. Sebagian vakuola mengandung banyak pigmen yang mewarnai sel tersebut, seperti pigmen merah dan biru dari mahkota bunga yang membantu memikat serangga penyerbuk untuk datang ke bunga tersebut.

Vakuola dapat juga membantu melindungi tumbuhan melawan pemangsanya karena mengandung senyawa yang beracun atau beraroma tak sedap bagi hewan. Vakuola memiliki peran utama dalam pertumbuhan sel tumbuhan, yang memanjang begitu vakuolanya menyerap air, membuat sel dapat menjadi lebih besar dengan hanya membuat sitoplasma baru yang minimal. Dan karena sitosol hanya sering menempati lapisan tipis di antara membran plasma dan tonoplas, perbandingan permukaan membran terhadap volume sitosol menjadi besar, sekalipun untuk sel membran besar.

Vakuola besar sel tumbuhan berkembang dengan adanya penggabungan dari vakuola-vakuola yang lebih kecil, yang diambil dari retikulum endoplasmik dan aparatus Golgi. Melalui hubungan ini, vakuola merupakan bagian terpadu dari sistem endomembran.

Apa Perbedaan vakuola pada sel hewan dan tumbuhan?

Sel bewan dan sel umbuhan memiliki vakuola. Akan tetapi pada sel hewan, ukuran vakuola lebih kecil dan berjumlah lebih banyak daripada sel tunbuhan. Pada beberapa hewan, vakuola memiliki banyak fungsi. Fungsi tersebut antara lain mencerna makanan (vakuola makanan), memompakan air ke luar sel (vakuola kontraktil pada Protista). dan mendistribusikan makanan dalam sel.

Pada sel tumbuhan yang telah dewasa, umumnya terdapat vakuola tengah (central vacuole), yang berukuran besar dan dikelilingi oleh membran. Membran tersebut dinamakan tonoplas. Vakuola tengah berisi cairan yang mengandung banyak garam mineral, asam organik, gula, oksigen, pigrnen (misalnya antosian), CO2, dan zat-zat sisa metabolisme.

Fungsi Vakuola pada sel tumbuhan

Pada intinya, vakuola berfungsi:
  1. memasukkan air melalui tonoplas agar tegangan turgor sel tetap baik.
  2. menyimpan makanan, seperti sukrosa, protein, garam-garam mineral, dan senyawa organik lainnya;
  3. menyimpan sisa-sisa metabolismne, seperti alkaloid, kristal kalsium oksalat, tanin. dan getah.
Jika disimpulkan secara sederhana maka fungsi vakuola sesungguhnya yaitu memberikan tekanan turgor terhadap sel sekaligus sebagai tempat penyimpanan bahan organik.

Referensi:
  1. Biologi Jl. 1 Ed. 5 karangan Neil A. Campbell dkk yang diterbitkan Erlangga
  2. Biologi Jilid 2 untuk SMA/MA kelas XI karangan Diah Aryulina dkk yang diterbitkan Erlangga (2004)
  3. Biologi untuk Kelas XI SMA  Semester 1 karangan Oman Karmana yang diterbitkan Grafindo (2006)
Demikian pembahasan tentang  Fungsi Membran Vakuola pada Sel Tumbuhan. Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

0 Response to "Fungsi Membran Vakuola pada Sel Tumbuhan"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!