Pengertian, Manfaat, Contoh Pemisahan Campuran

INIRUMAHPINTAR - Kali ini materi yang dibahas adalah Pengertian, Manfaat, Contoh Pemisahan Campuran. Pembahasan ini sangat penting dan dapat membantu adik-adik pelajar untuk memahami konsep pemisahan campuran dengan lengkap. Selanjutnya, penjelasan materi ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di dalam soal latihan, ulangan, dan ujian semester, seperti: Jelaskan pengertian pemisahan campuran!, sebutkan manfaat pemisahan campuran!, dan tuliskan contoh pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari!. Untuk itu, mari kita pelajari materinya berikut ini secara seksama dan menyeluruh!

Pengertian Pemisahan Campuran

Pemisahan campuran adalah proses pemisahan zat-zat penyusun suatu campuran menggunakan pola-pola ilmiah dengan berdasar pada perbedaan titik didih, kelarutan, dan ukuran partikel dalam rangka memperoleh manfaat bagi kehidupan manusia.

Untuk memahami konsep dasar dari pemisahan campuran kita dapat mengamati ilustrasi dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh: pemisahan campuran yang berdasar pada ukuran partikel yaitu, ketika campuran antara pasir, potongan batu bata, dan kerikil diayak melalui saringan, maka pasir yang berukuran kecil akan melewati saringan, sedangkan potongan batu-bata, dan kerikil akan tertahan dalam saringan. Itu artinya, jika ukuran partikel-partikel penyusun campuran relatif sama, maka komponen-komponen penyusun campuran tidak dapat dipisahkan dengan cara disaring. Demikian juga dengan pemisahan campuran yang berdasar pada perbedaan titik didih dan kelarutan, mirip dengan ilustrasi di atas.
sumber ilustrasi : Pixabay

Manfaat/Tujuan Pemisahan Campuran dalam kehidupan

Pemisahan campuran pada dasarnya memiliki beberapa manfaat/tujuan, yaitu:
  1. Untuk memurnikan zat
  2. Untuk pemisahan zat-zat pengotor
  3. Untuk mengambil zat-zat yang bermanfaat

Contoh Pemisahan Campuran dalam Industri dan Kehidupan

1. Pembuatan air suling
Air yang kita lihat sehari- hari kebanyakan bukan air murni (H2O), akan tetapi didalamnya mungkin terlarut garam, lumpur, zat organik, dan zat-zat lainnya. untuk keperluan eksperimen dalam laboratorium, biasanya digunakan air murni (air suling) yang diperoleh dari prosesdistilasi. Air murni dapat digunakan untuk keperluan industri, seperti melarutkan zat-zat kimia tertentu dan digunakan untuk accumulator (aki).

2. Pembuatan oksigen
Udara terdiri dari campuran gas-gas dengan kadar oksigennya sekitar 21%. Gas oksigen terdapat di udara dalam bentuk molekul-molekul O2. Gas oksigen dari udara tersebut dapat dipisahkan dari gas-gas lain melalui proses penyulingan atau distilasi. Oksigen yang diperoleh dari proses penyulingan terdapat dalam bentuk cairan yang kemudian disimpan dalam tabung khusus. Selanjutnya oksigen dalam tabung tersebut dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari, misalnya untuk menyelam, mengelas, membantu pernafasan pasien, dan lain-lain.

3. Pengolahan logam
Berbagai jenis logam, seperti besi dan baja yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, pada umumnya tidak berbentuk batangan,lempengan ataupun bentuk lain yang sering kita lihat. Besi diperoleh dari proses pertambangan dalam bentuk bijih besi. Dari pemanggangan tinggi diperoleh besi cair yang dicetak menjadi balok besi. Besi yang dihasilkan tersebut bukan merupakan besi yang murni, tetapi didalamnya masih terdapat kandungan zat lain, misalnya karbon. Karbon yang terdapat dalam besi dapat dihilangkan melalui proses pemanasan, sehingga karbon yang memiliki titik didih rendah dibandingkan besi akan terpisah dari besi, dan akhirnya diperoleh besi murni.

4. Pengolahan minyak bumi 
Untuk memperoleh bagian - bagian minyak bumi, seperti bensin, minyak tanah, aspal dan lain sebagainya, maka dalam industri pengolahan minyak bumi digunakan cara pemisahan minyak bumi dengan distilasi. Proses distilasi/penyulingan pada minyak bumi dikenal dengan sebutan penyulingan bertingkat

Referensi/Buku :
- IPA KIMIA 1 untuk SMP/MTs Kelas VII KTSP, ESIS, Lutfi
- Jurus Lulus Ujian Nasional SMP/MTs 2012 karangan Tim Studi Guru
- Ensiklopedia Rumus kimia SMP kelas 7,8,9 Karangan Basyit Badriah

Sekian pembahasan lengkap tentang Pengertian, Manfaat, Contoh Pemisahan Campuran. Selamat belajar!

0 Response to "Pengertian, Manfaat, Contoh Pemisahan Campuran"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!