Tips Menjadi Fasih Berbicara Bahasa Inggris

INIRUMAHPINTAR - Belajar Bahasa Inggris bukanlah persoalan yang mudah. Ini terbukti dengan hasil pengajaran di tingkat SMP dan SMA yang tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan ber-Bahasa Inggris siswa. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang melanjutkan ke jurusan atau program studi Bahasa Inggris di tingkat universitas masih merasakan kesulitan berbahasa. Bahkan, tidak sedikit guru atau dosen Bahasa Inggris yang belum juga mencapai tahap "fasih" meski telah lama berkecimpung dan bersentuhan langsung dengan salah satu bahasa Internasional ini.

Untuk itu, melalui artikel ini, penulis terinspirasi untuk berbagi Tips Menjadi Fasih Berbicara Bahasa Inggris bagi siapapun yang ingin lebih fasih berbicara Bahasa Inggris. Tips ini dirangkum dari berbagai sumber dan sebagian besar telah diimplementasikan sendiri oleh penulis. Mari kita baca dengan sungguh-sungguh tips-tipsnya berikut ini:

1. Practicing and Repeating

Ini berarti anda yang ingin belajar lebih mahir dan fasih bercakap-cakap Bahasa Inggris disarankan untuk memperbanyak "practice" atau "berlatih" dalam mengucapkan kata-kata Bahasa Inggris berdasarkan penuturan aslinya (diperoleh dari lagu-lagu atau film-film ber-Bahasa Inggris ataupun dari kamus audio software Indonesia-Inggris). Agar lebih melekat dan menyatu dalam diri, proses berlatih dalam penuturan kata tersebut dilakukan secara berulang-ulang. Semakin sering semakin baik. Proses "repeating" atau "pengulangan" ini selain dapat berguna untuk menambah kemahiran juga dapat menjadi ajang mengingat kembali (recalling) kata-kata yang sudah dipelajari sebelumnya. Agar lebih seru dan menyenangkan, proses berlatih dan pengulangan ini sebaiknya dilakukan teman Anda (speaking partners).

2. Talking and Meeting

"Talking" atau "bercakap-cakap" dengan teman yang memiliki visi misi sama dalam mempelajari Bahasa Inggris sebaiknya dijadikan pembiasaan. Melalui cara ini, semua pengucapan kata per kata seperti disebutkan di poin 1 dapat terealisasikan. Hasil lebih baik lagi dapat diperoleh jika tersedia "meeting" atau "pertemuan" rutin sebagai menjadi wadah berinteraksi, berdiskusi, dan berceloteh apa saja menggunakan Bahasa Inggris, tentu dengan niat dan cara yang baik pula. Bahkan, jika ada peluang dan kesempatan, bercakaplah dengan "native speaker" atau "penutur asli". Selain menjadi momentum peningkatan listening comprehension, keterampilan berbica (speaking skill) juga dapat ter-upgrade.

3. Reading

sumber ilustrasi : pixabay.com
Melalui proses "reading" atau "membaca" teks ber-Bahasa Inggris, seseorang dapat memperkaya "vocabulary" atau "kosakata". Step ini dapat diawali dengan hal-hal kecil. misalnya dengan mengubah format pengaturan di handphone atau setting browser di halaman internet menggunakan format language-English. Lambat laun, tanpa disadari, proses ini akan berpengaruh pada penguasaan kosa kata. Apalagi jika ditambah dengan kegemaran mencari kata-kata sulit dan menerjemahkannya.

4. Asking

Jika ingin cepat mahir dan fasih berbicara Bahasa Inggris, dianjurkan juga untuk banyak bertanya kepada orang-orang yang lebih ahli. Boleh kepada teman, sahabat, atau kepada guru/dosen yang memiliki kemampuan mumpuni, berkualitas dan bersahabat. Jika ada kesulitan dalam ber-Bahasa Inggris, jangan tunda-tunda untuk menanyakannya dan nikmati proses itu. Bukankah hal yang kita dapatkan dari hasil usaha sendiri dapat bertahan dan tersimpan lebih lama di dalam otak. Apalagi saat ini, media sosial dan internet telah ada di genggaman. Manfaatkan semua teknologi untuk mendukung Anda belajar Bahasa Inggris.

Bagi yang tertarik dan ingin bersungguh-sungguh belajar Bahasa Inggris, silahkan manfaatkan video-video pembelajaran yang tersedia di mesin telusur Google. Usahakan fokus untuk listening dan imitating terlebih dahulu. Dengan cara ini, kefasihan pengucapan akan berproses dengan sendirinya. 

Demikianlah Tips Menjadi Fasih Berbicara Bahasa Inggris. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Menjadi Fasih Berbicara Bahasa Inggris"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.