Setujukah Anda jika Arcandra Dipilih Kembali Menjadi Menteri ESDM?

INIRUMAHPINTAR - Kabar kembalinya Arcandra sebagai warga negara Indonesia dan berlaku per 1 September 2016 mengundang tanda tanya publik. Setelah diberhentikan menjadi Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi pada 15 Agustus 2016 lalu karena kasus dwi-kewarganegaraan, kini Arcandra berpeluang untuk dipanggil kembali menduduki jabatan Menteri di kabinet Jokowi.

Isu ini pun menguak ke publik dan memicu pro kontra. Pihak-pihak yang mendukung Arcandra diangkat kembali menjadi Menteri ESDM menggunakan alasan kepintaran dan kemampuan yang dimiliki Arcandra di bidang perminyakan. Sebagaimana yang diungkapkan Kurtubi dalam kompas.co bahwa Arcandra memiliki 6 hak paten.

Namun demikian, pihak-pihak yang kurang setuju Presiden Jokowi kembali memilih Arcandra menjadikan sisi integritas sebagai senjata andalan. Mereka masih meragukan kesetiaan dan iktikad baik Arcandra untuk kepentingan nasional. Apalagi sebuah dilema belum juga terjawab hingga saat ini. Apakah Arcandra sebelum dilantik sebagai Menteri ESDM pada reshuffle kabinet lalu yang tidak jujur kepada Presiden Joko Widodo tentang dwi kewarganegaraannya? ataukah Presiden telah mengetahui hal itu tetapi membiarkan saja?

Andai pada saat itu, Arcandra benar-benar tidak jujur tentang status kewarganegaraannya, berarti integritas beliau belum meyakinkan. Dalam posisi ini, Bapak Jokowi harus mempertimbangkan experts lain di negeri ini sebagai pengisi kekosongan kursi menteri ESDM agar terhindar dari celotehan pro kontra publik.

Lain halnya jika Bapak Jokowi telah mengetahui dwi-kewarganegaraan Arcandra sebelum melantiknya di perombakan kabinet lalu, tentu ada pertimbangan-pertimbangan khusus. Namun, apakah itu benar-benar keputusan Presiden? ataukah ada informasi yang salah dan keliru dari pejabat-pejabat di lingkaran Presiden? ataukah ada intervensi asing? Semuanya masih abu-abu karena hingga saat ini belum ada penjelasan resmi dari Istana.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa Presiden Jokowi belum melantik Menteri ESDM baru? apakah menunggu Arcandra menyelesaikan status kewarganegaraannya terlebih dahulu? Kini, Arcandra telah menjadi WNI kembali. Jika nantinya Presiden Jokowi akhirnya menetapkan Arcandra sebagai menteri ESDM berarti di mata Presiden, Arcandra memiliki nilai yang sangat mahal dan tak tergantikan. Bagaimana dengan pembaca sekalian, Setujukah Anda jika Arcandra Dipilih Kembali Menjadi Menteri ESDM?
sumber ilustrasi : id.wikipedia.org
Sekarang, sebagai masyarakat biasa, kita menanti saja keputusan Bapak Presiden. Toh, itu adalah hak prerogatif Presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan Republik Indonesia. Semoga pilihan Presiden terbaik untuk Indonesia dan disaat bersamaan pro-kontra dapat diredam. Dengan harapan, semoga negeri ini segera dapat membaik dari segala masalahnya agar rakyat Indonesia semakin sejahtera dan benar-benar menjadi tuan rumah di negeri sendiri. ^_^

0 Response to "Setujukah Anda jika Arcandra Dipilih Kembali Menjadi Menteri ESDM?"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!