Pengertian Kajian Puisi Menurut Buku

INIRUMAHPINTAR - Untuk memahami apa pengertian kajian puisi secara lengkap, berikut ini disajikan  penjelasan lengkap berdasarkan sumber-sumber bacaan terpercaya.

Kajian puisi terbagi menjadi dua kata yaitu "kajian" dan "puisi". Pembahasan pertama diawali dengan menganalisa pengertian kajian. Pembahasan kedua akan merangkum tentang puisi dan pembahasan terakhir adalah kesimpulan tentang pengertian kajian puisi.
sumber ilustrasi : www.flickr.com

Pengertian Kajian Puisi 


1. Pengertian Kajian

Pengertian kajian menurut arti kamus adalah hasil mengkaji, analisis, atau telaah. Sedangkan pengkajian adalah proses, cara, perbuatan mengkaji; penyelidikan (pelajaran mendalam); penelaahan; analisis; pemeriksaan, penelitian, peninjauan, riset, studi, atau telaah. Kemudian orang yang melakukan pengkajian disebut sebagai pengkaji.

Kata kajian bersinonim dengan kata 'telaah'. Kata telaah berarti penyelidikan, pemeriksaan, penelitian. Penelaahan berarti proses, cara, perbuatan menelaah.

Namun, secara sederhana, kajian dapat juga diartikan menjadi dua konsep pemahaman saja yaitu (1) pelajaran; (2) penyelidikan. Pelajaran mempunyai makna, yaitu: proses, cara, perbuatan mengkaji, penyelidikan (pelajaran yang mendalam) dan 'penelaahan’. Kemudian, dalam arti penyelidikan, kata kajian bisa memiliki kaitan makna dengan kata 'penelitian', dalam arti kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian, data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu teori untuk mengembangkan prinsip umum.

lstilah lain dari kajian adalah apresiasi. Menurut Saryono (2009:34) apresiasi sastra adalah proses (kegiatan) pengindahan, penikmatan, penjiwaan, dan penghayatan karya sastra secara individual dan momentan, subjektif dan eksistensial, rohaniah dan budiah, khusuk dan kafah, intensif dan total supaya mernperoleh sesuatu dari padanya sehingga tumbuh, berkembang, dan terpiara kepedulian, kepekaan, ketajaman, kecintaan, dan keterlibatan terhadap karya sastra.

2. Pengertian Puisi

Puisi adalah sebuah karya sastra yang terdiri dari rangkaian kata-kata pilihan, indah, menawan, menyentuh hati, dan mengandung makna mendalam. Kata-kata yang terangkai menyatu menjadi larik-larik puisi dan larik puisi terangkai berpadu menjadi bait-bait puisi. Lalu, kumpulan bait-bait puisi tersebut mengandung rima, mewakili satu tema, dan jika dibaca dengan penuh penghayatan maka akan melahirkan suasana yang berbeda-beda serta mengandung nasehat dan amanat yang tersirat dan beragam, bergantung pada daya tangkap pembaca terhadap ungkapan rasa penyair/pencipta puisi dalam proses apresiasi puisi.

Kesimpulan : Pengertian Kajian Puisi

Setelah memahami konsep tentang kajian dan puisi di atas maka dapat disimpulkan bahwa kajian puisi adalah telaah atau penyelidikan secara mendalam terhadap puisi (karya sastra yang terdiri dari rangkaian kata-kata pilihan, indah, menawan, menyentuh hati, dan mengandung makna mendalam) dengan memperhatikan unsur-unsur puisi, citraan puisi, dan objek analisis lain sesuai kebutuhan dan tujuan kajian puisi agar tercipta proses penjiwaan dan penghayatan serta terbentuk kepekaan dan kecintaan terhadap puisi sebagai karya sastra.

buku referensi : Pengkajian Prosa Fiksi karya Andri Wicaksono, M.Pd

Semoga pembahasan tentang Pengertian Kajian Puisi Menurut Buku di atas bermanfaat untuk Anda.

0 Response to "Pengertian Kajian Puisi Menurut Buku"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.