Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif

INIRUMAHPINTAR - Untuk memahami apa Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif terlebih dahulu harus diketahui batasan-batasan makna dari kata penulisan dan kreatif. Berikut ini hasil rumusan dan penelaahan terhadap makna kata tersebut berdasarkan sumber-sumber terpercaya, yaitu:

Pengertian Penulisan

  • Penulisan dapat diartikan sebagai cara atau proses menulis.
  • Penulisan menurut buku Bahasa Melayu: Dimensi Pengajaran dan Pembelajaran yaitu proses menghasilkan teks karangan berbentuk berita, rencana, esai, surat, laporan dan sejenisnya.
  • Pengertian penulisan dalam sudut pandang lain yaitu proses penyampaian pesan dari penulis kepada pembaca sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan langsung. 

Kesimpulan Penulis tentang pengertian "penulisan"

sumber ilustrasi : commons.wikimedia.org
Jadi, berdasarkan pengertian-pengerian penulisan di atas dapat disimpulkan bahwa penulisan adalah cara atau proses menyampaikan ide, gagasan, atau pesan oleh penulis kepada pembaca dalam bentuk karya tulis seperti berita, esai, surat, laporan, puisi, dan karya sastra lain, sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan langsung serta memenuhi langkah-langkah atau kaidah-kaidah yang telah ditentukan.

Selanjutnya, perlu diketahui juga tentang makna "kreatif". Bagaimana kriteria sebuah karya tulisan disebut "kreatif"? Berikut pembahasan yang dirujuk dari berbagai sumber:

[1] Pengertian kreatif menurut buku Be Smart Ilmu Pengetahuan Sosial adalah kemampuan memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan (kreativitas). Sedangkan inovatif adalah kemampuan mengembangkan atau memperkenalkan sesuatu yang baru baik berupa ide maupun materi.

[2] Menurut buku Bisnis kreatif di rumah Karya Hendry E. Ramdhan, kreatif adalah nilai; nilai tambah yang diciptakan guna memperoleh umpan balik dari orang yang dituju.

[3] Kreatif dapat  juga diartikan kemampuan menghasikan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, unik, asli, dan menarik perhatian.

Kesimpulan penulis tentang pengertian kata "kreatif"

Jadi, berdasarkan pengertian-pengertian "kreatif" di atas dapat disimpulkan bahwa kreatif adalah kemampuan atau keahlian seseorang dalam menghasilkan sesuatu baik berupa materi atau ide yang disertai nilai tambah, keunikan, belum pernah ada sebelumnya, dan merupakan karya asli atau orisinil.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan umum bahwa:

Penulisan kreatif merupakan cara atau proses menyampaikan ide, gagasan, atau pesan yang mengandung nilai tambah, keunikan, belum pernah ada sebelumnya, dan merupakan karya asli atau orisinil oleh penulis kepada pembaca dalam bentuk karya tulis seperti berita, esai, surat, laporan, puisi, dan karya sastra lain, sesuai dengan suasana hati dan tujuan tertentu secara jujur, jelas, dan langsung serta memenuhi langkah-langkah atau kaidah-kaidah yang telah ditentukan.

Manfaat Penulisan Kreatif

Nah, lalu apa manfaat dari penulisan kreatif? Inilah jawabannya:

[1] Sebagai wadah pengembangan kognitif dan kreativitas.
[2] Sebagai wadah untuk mengungkapkan isi hati dan jati diri
[3] Sebagai wadah untuk mengelaborasi ide-ide dan pendapat
[4] Sebagai wadah untuk meningkatkan kesadaran mengamati lingkungan
[5] Sebagai wadah untuk merangsang daya imaginasi dan keaktifan
[6] Sebagai wadah untuk mengembangkan skills siswa menggunakan bahasa
[7] Sebagai wadah melatih kedisiplinan dan kesungguhan
[8] Sebagai wadah untuk meluapkan gagasan atas kejadian atau fenomena yang terjadi
[9] Sebagai wadah bermain yang menyenangkan, gratis, dan penuh kebebasan

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Pengertian dan Manfaat Penulisan Kreatif"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!