Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli

INIRUMAHPINTAR - Penjelasan tentang Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli penting untuk dipahami. Sistem klasifikasi makhluk hidup berkembang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Makin berkembang ilmu pengetahuan makin banyak kelemahan yang ditemukan untuk kemudian disempurnakan. Dalam perkembangan tersebut, tercatat beberapa ahli yang telah melakukan proses klasifikasi makhluk hidup berdasarkan sudut pandang mereka masing-masing. Mereka adalah Aristoteles, Linnaeus, John Ray, Cuvier dan R.H. Whittaker. 

Pada zaman Aristoteles digunakan sistem Dua Kerajaan dan pada zaman Linnaeus digunakan sistem Tiga Kerajaan. Pada tahun 1969, R.H. Whittaker menggunakan sistem Lima Kerajaan. Penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut:
sumber ilustrasi : en.wikipedia.org

1. Klasifikasi Makhluk Hidup menurut Aristoteles

Aristoteles (384-322 SM) adalah filosof pertama yang mengadakan sistem klasifikasi. Aristoteles mengelompokkan makhluk hidup menjadi dua kelompok, yaitu tumbuhan dan hewan. Tumbuhan dikelompokkan menjadi herba, semak, dan pohon. Hewan dibedakan ke dalam dua kelompok, yaitu vertebrata dan invertebrata. Aristoteles dijuluki Bapak Zoologi, karena dialah orang pertama yang mampu mengelompokkan hewan berdasarkan kesamaan karakter.

2. Klasifikasi Makhluk Hidup menurut Carolus Linnaeus

Carolus Linnaeus (1707-1778), ahli botani Swedia adalah orang yang meletakkan dasar-dasar klasifikasi modern dan pemberian nama (nomenclature). Dalam systema Naturae, buku yang ditulis Linnaeus, hewan dibedakan menjadi 6 kelas, yaitu mammalia, aves, amphibia (reptil dan amphibia), pisces, insecta, dan vermes. Selama hidupnya Linnaeus mempublikasikan 1753 tumbuhan dan 1758 nama hewan.

3. Klasifikasi Makhluk Hidup menurut John Ray

John Ray (1627-1708) merupakan ahli biologi pertama yang memiliki konsep modern tentang spesies dan mengadakan berbagai usaha untuk mengklasifikasi beberapa kelompok makhluk hidup.

4. Klasifikasi Makhluk Hidup menurut Cuvier

Pada tahun 1829, Cuvier membagi hewan menjadi 4 cabang, yaitu vertebrata (mammalia sampai dengan pisces), mollusca, articulata (anelida, crustaceae dan insecta), radiata (echinodermata, nematoda, dan Coelenterata).
 

5. Klasifikasi Makhluk Hidup menurut R.H. Whittaker

Pada tahun 1969, R.H. Whittaker membagi makhluk hidup ke dalam 5 Kerajaan (Kingdom atau Regnum) sebagai berikut:
  • Kerajaan Monera

    Organisme yang tergolong ke dalam Monera memiliki tipe sel prokariotik (inti tidak diselaputi membran), makanan dapat diperoleh secara absorpsi, fotosintesis, dan kemosintesis. Semua organisme dapat bereproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner. Tubuh ada yang uniseluler, bentuk filamen atau berkoloni dan mempunyai dinding sel. Organisme yang tergolong Monera adalah bakteri dan ganggang hijau biru.
     
  •   Kerajaan Protista

    Kerajaan Protista beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik (inti diselaputi membran). Makanan diperoleh secara absorpsi, ingestiv (memasukkan makanan), dan ada yang berfotosintesis. Semua organisme dapat bereproduksi aseksual dan ada beberapa organisme membentuk sel kelamin dan terjadi fertilisasi. Tubuh dapat uniseluler, soliter atau berkoloni, multiseluler atau berbentuk miselia. Organisme yang tergolong Protista adalah Amoeba, Mastigophora, Cilliata, Radiolaria, dan Diatom.
  • Kerajaan Jamur (Fungi)

    Kerajaan jamur beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Makanannya diperoleh dengan mengabsorpsi makanan yang berada di sekitar sel. Reproduksi dapat terjadi secara seksual dan aseksual. Dinding sel mengandung kitin dan pada umumnya hidup di darat. Fungi terdiri dari ragi dan jamur.
  • Kerajaan Tumbuhan (Plantae)

    Kerajaan Tumbuhan beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Makanan diperoleh secara fotosintesis. Reproduksi secara seksual dengan pembentukan gamet. Pada beberapa tumbuhan sederhana, reproduksinya dengan menggunakan spora. Sel memiliki dinding yang terdiri dari selulosa. Organisme yang termasuk kerajaan tumbuhan adalah lumut, ganggang, tumbuhan paku, tumbuhan biji (spermatophyta).
  • Kerajaan Hewan (Animalia)

    Kerajaan Hewan beranggotakan organisme dengan tipe sel eukariotik. Sel hewan tidak dibatasi dinding sel. Makanan diperoleh secara ingestiv. Reproduksi secara seksual. Organisme yang tergolong hewan diantaranya hewan spons, cacing, koral, mollusca, insecta, dan mammalia. 

Demikianlah penjelasan lengkap tentang Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Klasifikasi Makhluk Hidup Menurut Para Ahli"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.