Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap

INIRUMAHPINTAR - Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap - Teks Deskripsi merupakan salah satu materi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMP/MTs sederajat dalam kurikulum 2013 versi revisi terbaru 2016. Materi tersebut merupakan penjabaran dari dua kompetensi dasar. Pertama, siswa mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat bersejarah, lokasi wisata, dan atau aula pameran seni daerah) yang didengar dan dibaca. Kedua, siswa menentukan  isi teks  deskripsi  objek yang didengar dan dibaca tersebut.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang Pengertian teks deskripsi, Isi teks deskripsi, Ciri umum teks deskripsi, Struktur teks deskripsi, dan Kaidah kebahasaan teks deskripsi:

Pengertian teks deskripsi

Kata deskripsi berasal dari verba to describe (Ing.) yang artinya menguraikan, menggambarkan, atau rnelukiskan. Teks deskripsi dapat diartikan sebagai teks yang bertujuan menggambarkan atau melukiskan pengalaman, pendengaran, perabaan, penciuman, dan perasaan situasi atau masalah. Teks deskripsi adalah teks yang bertujuan rnemberikan kesan/impresi kepada pembaca terhadap objek, gagasan, tempat, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan penulis. Dengan deskripsi yang baik pembaca dapat dibuat seakan-akan melihat. mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis.
Sumber ilustrasi : koleksi INIRUMAHPINTAR

Isi teks deskripsi

Dalam teks deskripsi, penulis berusaha memindahkan kesan/persepsi, hasil observasi dan kata hatinya kepada pembaca dengan menyampaikan sifat dan semua perincian yang dapat ditemukan pada objek yang diamati. Dengan istilah lain, melalui teks/paragraf deskripsi, penulis berusaha menciptakan sensasi/impresi indera pembaca dalam rangka menghasilkan kesan berdasarkan daya nalar dan imajinasinya.

Ciri umum teks/paragraf deskripsi

  1. Teks deskripsi melukiskan atau menggambarkan kondisi objek, tempat, peristiwa, dan semacamnya secara terperinci.
  2. Teks deskripsi memberikan kesan berdasarkan efek panca indera sehingga pembaca seolah-olah melihat. mendengar, merasakan, atau terlibat dalam peristiwa yang diuraikan penulis
  3. Teks deskripsi menggali sumber ide dari pengamatan (observasi) sehingga semakin baik dan detail pengamatan seorang penulis, maka besar kemungkinan penggambaran dalam teks deskripsi semakin baik dan detail pula.
  4. Teks deskripsi membutuhkan data-data valid berupa fakta dan sesuai realita sebagai ilustrasi untuk memperjelas penggambaran.
  5. Teks deskripsi menggunakan pola pengembangan urutan ruang. Di bagian ini, penulis menggambarkan suatu kondisi, peristiwa, dan hal dalam teks deskripsi berdasarkan objek yang diamati satu persatu atau secara bergantian.

Struktur teks deskripsi

Struktur Umum teks deskripsi, yaitu:
  1. Identifikasi, berisi identifikasi tentang topik yang akan dideskripsikan (misalnya: tempat, benda, binatang, orang atau sesuatu yang akan dideskripsikan)
  2. Deskripsi, berisi deskripsi rinci tentang bagian-bagian topik yang dideskripsikan, misalnya tentang ciri fisik (warna, ukuran), sifat-sifat, asal, kesukaan, dan lain-lain. Deskripsi hanya memberikan informasi mengenai tempat, benda, atau orang, binatang tertentu yang dibahas saja (tidak boleh melebar ke topik lain), misalnya deskripsi tentang rumah saya, (maka pembahasannya fokus pada ciri-ciri rumah saya, sehingga pembaca seakan-akan mengenali setiap detail rumah saya)

Kaidah Kebahasan teks deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:
  1. Teks deskripsi menggunakan kata benda sesuai topik yang ingin dideskripsikan. Misalnya, rumah, sekolah, teman saya, guruku, dsb.
  2. Teks deskripsi menggunakan frase yang mengandung kata benda. Misalnya, beliau adalah seorang kepala sekolah baik hati, dsb.
  3. Teks deskripsi mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Misalnya, dua sepatu hitam, satu siswa rajin, dsb.
  4. Teks deskripsi mengandung kata kerja Transitif untuk memberikan informasi subjek. Misalnya, siswa itu memakai baju seragam putih biru, dsb
  5. Teks deskripsi mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek. Misalnya, saya pikir itu adalah kucing pintar, saya meyakini buku itu mahal, dsb
  6. Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang objek. Misalnya, dengan cepat, di sekolah, di rumah, dsb.
  7. Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Misalnya, kulitnya putih seperti sagu, dsb.

Contoh-contoh teks deskripsi

Untuk memahami lebih jelas, berikut ini disajikan beberapa contoh teks deskripsi:

Teks deskripsi 1 tentang lingkungan rumah

Di teras rumah sudah tersedia nasi panas dan aneka lauk. Selain bermacam-macam sayur dan ayam goreng, terdapat juga sambal dan lalapan. Lebih istimewa lagi, ada ikan bakar yang masih mengepukan asap. Panas dan gurih baunya. Terpaan angin gunung yang dingin dan gurihnya ikan bakar membuat kami semakin lapar dan selera makan kami meningkat tajam. Karena itu, setelah dipersilakan oleh tuan rumah, kami tak malu-malu menyantap semua hidangan dengan lahap. Enak, gurih, dan pedas kami rasakan sampai benar-benar kenyang.

Teks deskripsi 2 tentang lingkungan sekolah

Tiang bendera yang berdiri tegak di pinggir lapangan upacara itu terbuat dari besi. Tinggi tiang itu sekitar 7 meter. Tiang tersebut dicat putih. Di ujung tiang terlihat sang merah putih berkibar. Berdera tersebut baru saja dikibarkan pada upacara Senin pagi.

Teks deskripsi 3 tentang tempat wisata

Permandian Alam Ompo terletak di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata sekitar 3 Km sebelah utara Kota Watansoppeng. Dalam kawasan objek wisata Ompo ini terdapat areal untuk perkemahan dan balap motor (road race) dan juga terdapat sebuah danau buatan yang cukup luas sebagai areal bermain perahu dan memancing ikan air tawar. Di bagian luar, tempat wisata ini dikelilingi oleh kios-kios makanan dan minuman. Selain itu, tersedia juga tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Para pengunjung dimanjakan dengan dua kolam. Di bagian timur, terdapat kolam kecil untuk anak-anak sedangkan di bagian tengah terdapat kolam berbentuk huruf "L" yang disediakan untuk orang dewasa. Di setiap sisi disediakan tempat berteduh sedangkan di bagian utara dan selatan Ompo menyediakan kamar mandi dan tempat berganti pakaian. Secara umum, Ompo merupakan tempat wisata yang sederhana, asri, dan menyejukkan.

Selanjutnya, implementasi materi ini terperinci menjadi beberapa bagian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, yaitu:
  1. Mengamati model-model teks deskripsi.
  2. Merumuskan pengertian dan menjelaskan isi teks deskripsi
  3. Mendaftar ciri umum teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  4. Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
  5. Mengidentifikasi model teks observasi lainnya lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.
Demikian pembahasan tentang Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap. Semoga bermanfaat!

3 Responses to "Pengertian, Isi, Ciri, Struktur, Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi Lengkap"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.