Lagu Bugis Ini Mengingatkan Masa Kecil Anda

INIRUMAHPINTAR - Lagu bugis merupakan salah satu kreasi asli kesenian di Sulawesi Selatan. Lagu-lagu tersebut tercipta dan ikut menjadi saksi dalam peradaban masyarakat bugis.  Lagu-lagu bugis pun menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari budaya dan gaya hidup suku bugis. Hampir setiap aktivitas diwarnai dengan sentuhan tembang atau lagu-lagu. Tentu teringat di masa kecil anak-anak bugis yang selalu disuguhi lagu pengantar tidur atau lagu-lagu jenaka khas kecapi yang dimainkan saat petani telah pulang dari sawah sambil bersantai dan makan kue bersama. Karena itulah, pada zaman dulu, setiap lirik lagu yang tercipta mengandung makna dan penuh filosofi. Artinya, ada makna dan pesan moral yang ingin disampaikan penyanyi di dalam bait-bait lagu kepada pendengar. Isi lagunya ada yang menumbuhkan semangat bekerja, penguat rasa kebersamaan dan kejujuran, penawar kesedihan, hingga lagu-lagu bugis hiburan yang mengandung cerita lucu.

Alat musik pendukung yang sangat familiar di masyarakat bugis di zaman dahulu yaitu kecapi. Kombinasi antara alat musik yang mirip gitar ini dengan tembang bugis tradisional sangat serasi. Buktinya, walau hanya dilengkapi dengan 2 senar, kecapi bugis mampu mengiringi semua nada dalam lagu-lagu bugis. Teringat di masa kecil, ketika televisi belum masuk desa, radio-radio tak pernah absen memutar lagu-lagu bugis kecapi. Bahkan siaran ini menjadi andalan di kalangan masyarakat bugis.

Sumber: Pinterest
Kemudian, seiring dengan berkembangnya teknologi lagu-lagu bugis bermetamorfosis menjadi lagu-lagu yang dikemas lebih modern. Tak sedikit lagu-lagu bugis tempo dulu telah diaransemen menjadi lagu bernuansa musik ala dangdut dan pop, lengkap dengan video klipnya. Saat ini, telah banyak studio rekaman yang khusus memproduksi lagu-lagu bugis terbaru. Namun, kenangan lagu bugis tempoe doeloe (baca: tempo dulu) masih tak tergantikan. Walau dengan alat musik tradisional atau bahkan tanpa alat musik, lise' (makna) dari lagu-lagu bugis tradisional masih sangat memikat dan melekat di hati.

Berikut ini adalah salah satu lagu kesukaan hampir semua anak-anak bugis di zaman dahulu. Lagu ini sangat ditunggu-tunggu saat waktu tidur tiba. Walau artinya tak semuanya mudah dipahami, lagu ini cukup ampuh menjadi teman saat mata mengantuk. Apalagi kalau dinyanyikan oleh indo' (baca: ibu) atau nene' (nenek) tercinta. Lagu tersebut berjudul Yabe Lale.

Ada banyak misteri yang tersimpan di dalam lagu tersebut. Hingga saat ini saja, belum ada yang tahu, siapa pencipta lagu tersebut pertama kali. Kemudian, di berbagai wilayah yang didiami orang bugis, mengapa lirik lagu tersebut selalu beda-beda. Namun, uniknya adalah, meski lirik selalu beragam, melodi atau senandungnya tetap sama. Aneh tapi nyata bukan?

Jangan lupa baca juga : Menggali Makna di Balik Lirik Lagu Yabe Lale

Yang berminat menonton videonya silahkan berjelajah dan cari sendiri di Google ya!  Semoga terhibur dan mudah-mudahan Lagu Bugis Ini benar-benar Mengingatkan Masa Kecil Anda!

0 Response to "Lagu Bugis Ini Mengingatkan Masa Kecil Anda"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!

Note: Only a member of this blog may post a comment.