Inilah LAGU BUGIS Paling Romantis + Lirik Bahasa Indonesia

INIRUMAHPINTAR - Inilah LAGU BUGIS Paling Romantis + Lirik Bahasa Indonesia yang dihadirkan dalam rubrik tangga hiburan. Lagu ini berjudul "Alosi Ripolo Dua" (Pinang Dibelah Dua)  dan merupakan lagu bugis paling romantis sepanjang masa. Walaupun diaransemen dengan musik sederhana, lagu ini memiliki lirik yang sangat romantis. Bagi komunitas bugis di seluruh dunia, khususnya yang ada diperantauan pasti sangat merindukan kampung halaman dan orang-orang tercinta jika mendengarkan lagu ini.
sumber ilustrasi : pixabay.com


Berikut Lirik Lagu "Alosi Ripolo Dua" (Pinang Dibelah Dua) dan terjemahannya dalam Bahasa Indonesia:

Kuripancaji ri lino (Aku diciptakan di dunia ini)
Engka riwata kalemu (Hadir dalam dirimu)
Nulle purani totoku (Mungkin sudah takdirku)
To sipa’dua siruntu (Kita berdua dipertemukan)

Muripancaji ri lino (Aku diciptakan di dunia ini) (REF)
Tudang riwata kalemu (Hadir dalam ragamu)
Lettu campana rilino (Hingga di akhir dunia/kehidupan)
Sipa’dua metteru (Berdua dan senantiasa bersama)

Tappamu na tappaku (Wajahmu dan wajahku)
Sirupa na de na pada (Mirip tapi tak sama)
Iyaro tanranna topuri sitoto (Itulah tandanya kita sudah ditakdirkan)

Matammu na mataku (Mataku dan matamu)
Alosi si polo dua (Bagai pinang dibelah dua)
Pappada bungae sibawa daunna (Seperti bunga bersama daunnya)

Alemu aleku (Dirimu diriku)
Pada muddani (Saling merindu)
Tori massidi tanranna sitoto (Selalu bersatu tandanya kita telah ditakdirkan)

Kuripancaji ri lino (Aku diciptakan di dunia ini)
Engka riwata kalemu (Hadir dalam dirimu)
Mulle purani totoku (Mungkin sudah takdirku) 
To sipa’dua siruntu ki daeng !(Kita berdua dipertemukan wahai abang!)

Muripancaji ri lino (Aku diciptakan di dunia ini)
Tudang riwata kalemu (Hadir dalam ragamu)
Lettu campana rilino (Hingga di akhir dunia/kehidupan)
Sipa’dua metteru (Berdua dan senantiasa bersama)

Makna Lagu Alosi Ripolo Dua

Lagu ini bercerita tentang kisah sepasang kekasih (pasangan halal). Mereka mengikrarkan bahwa pertemuan mereka adalah pertemuan yang telah ditetapkan Ilahi. Salah satu pertandanya yaitu adanya kemiripan garis wajah di antara mereka berdua. Dalam falsafah Bugis, jika sepasang suami istri memiliki wajah yang identik (mirip) layaknya saudara, maka dikatakan benar-benar jodoh. Itupun pertanda bahwa keterpaduan antara dua insan tersebut semakin mudah untuk tumbuh dan bersemayam abadi.

Dari lirik lagu di atas, ada kalimat mataku dan matamu serta wajahku dan wajahmu. Keduanya adalah perwakilan dari ciri kesamaan sepasang kekasih tersebut. Tidak semua bagian tubuh dijadikan patokan. Sudut pandang kesamaan lebih dominan bertumpu di wajah dan bagian-bagiannya. Semakin identik guratan wajah sepasang kekasih (halal) maka semakin kuat ikatan batin di antara keduanya.

Sebelum menerima lamaran seorang pria, keluarga pihak wanita biasanya memasukkan keidentikan wajah sebagai syarat pertimbangan (saat ini mungkin tidak lagi). Kedalaman ilmu filsafat masyarakat bugis (zaman dahulu) mampu menangkap ketulusan hati dari seorang pria hanya dengan melihat pandangan mata dan raut wajah. Jika dibandingkan dengan ilmu modern saat ini, kemampuan ini mirip dengan ilmu psikologi atau ilmu fisiognomi.

Salah satu pendukung mendalamnya kearifan timur masyarakat Bugis berawal dari tingginya implementasi ilmu tasawuf dan filsafat. Tidak sedikit yang disebut-sebut telah mencapai tahap ma'rifat. Di kalangan pesantren, khususnya di tanah Bugis, para kyai (Anre Guru) diyakini memiliki kharomah berupa kelebihan melebihi manusia pada umumnya.

Di antara ilmu mereka ada yang turun kepada anak cucunya atau kepada murid-muridnya. Salah satunya adalah kemampuan menilai ketulusan dari raut wajah. Jadi, melalui lagu Alosi Ripolo Dua di atas, selain mengandung keromantisan, sesungguhnya menyiratkan pesan betapa mengakarnya aroma filsafat Islam dalam nadi masyarakat Bugis.

Demikianlah persembahan LAGU BUGIS Paling Romantis + Lirik Bahasa Indonesia berjudul "alosi ripolo dua" ini. Semoga terhibur dan menginspirasi!

0 Response to "Inilah LAGU BUGIS Paling Romantis + Lirik Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!