Inilah Kriteria Rumah Idaman Keluarga Masa Kini

INIRUMAHPINTAR - Berbicara tentang kriteria dan ciri-ciri rumah idaman keluarga masa kini, ada sebuah peribahasa terkait yang mengatakan bahwa “Rumahku adalah Surgaku”. Benar saja, memiliki sebuah rumah menjadi sebuah impian yang sangat berharga bagi sebuah keluarga, bagaikan bermimpi memiliki kehidupan surga dan seisinya. Rumah tidak hanya sekedar sebagai tempat berteduh dari terik matahari dan hujan, melainkan rumah adalah tempat berbagi kebahagiaan dan kesedihan antar anggota keluarga. Dengan kata lain, rumah adalah surga tempat berbagi suka dan duka, tawa dan lara, gembira dan sengsara. Tanpa rumah, tak ada tempat berbagi, sehingga tak ada ruang untuk merasakan bahagia bersama dan tak ada ruang menenangkan hati di kala sedih melanda dalam jiwa, dan itu sama saja tak ada kehidupan surga di dunia.

Rumah impian setiap keluarga tentu berbeda-beda. Ada keluarga memiliki selera tinggi dan mewajibkan hadirnya perabot mahal serta pernak-pernik antik di dalam rumah impiannya. Ada juga keluarga yang tidak bermimpi macam-macam, asal memiliki rumah sendiri yang cukup menampung seluruh anggota keluarga dianggap lebih dari cukup. Perbedaan inilah yang menjadi bagian peradaban manusia dalam pemenuhan “papan”, setelah “sandang” dan “pangan”. Seiring berjalannya waktu, perbedaan selera itulah yang melahirkan wajah peradaban manusia baik di kota besar maupun di desa pedalaman. Di kota besar, tampak gedung bertingkat berkolaborasi dengan rumah-rumah bergaya minimalis, dirancang oleh arsitek ternama, dan bernilai ratusan hingga milyaran rupiah. Sedangkan, di pedesaan, yang tampak mendominasi adalah rumah sederhana berdinding bilik bambu atau kayu berkualitas sedang. Namun, bagaimanapun rupa rumah tersebut, sesungguhnya ciri-ciri rumah yang menjadikannya sebagai tempat tinggal impian bergantung pada pribadi-pribadi yang hidup di dalamnya.

Berikut ini adalah kriteria dan ciri rumah idaman keluarga masa kini:

1.  Berlokasi di dataran tinggi (sejuk dan bebas banjir)

Memiliki rumah yang berlokasi di dataran tinggi merupakan salah satu impian keluarga Indonesia. Keuntungan utama yang akan dinikmati pemiliki rumah di dataran tinggi yaitu mereka akan terbebas dari bencana banjir dan dimanjakan dengan udara sejuk.

2.  Berlokasi di daerah strategis

Memilih hidup di rumah yang berlokasi di daerah strategis juga menjadi tren masa kini. Rumah yang dekat dengan pusat pemerintahan, sekolah, tempat ibadah, pasar, dan tempat kerja memiliki keuntungan tersendiri. Banyaknya kesibukan dan terbatasnya mobilitas karena macet atau jarak yang jauh merupaka alasan utama untuk memilih tempat tinggal di daerah yang tidak membutuhkan waktu lama menjangkau tempat-tempat strategis yang sering dikunjungi.

3.    Memiliki lingkungan yang aman dan tenang

Apa artinya hidup bersama keluarga di rumah yang bebas banjir dan dekat dengan pusat-pusat strategis tanpa memiliki jaminan keamanan  dan bebas dari polusi suara. Hal ini tentu menjadi sebuah prasyarat dan pertimbangan ketika memilih rumah tinggal. Rumah idealnya harus terbebas dari potensi kejahatan, apalagi rumah yang sering ditinggal kosong pada jam kerja. Selain itu, menghindari jalan raya utama dan pabrik yang menghasilkan polusi suara juga harus diperhatikan.

4.    Memiliki halaman yang lapang

Walau tidak menjadi prasyarat utama, memiliki rumah impian yang memiliki halaman yang lapang dapat menjadi nilai tambah bagi kehidupan sebuah keluarga. Halaman depan yang lapang dapat dimanfaatkan untuk taman, garasi mobil, dan kolam ikan. Sedangkan di halaman belakang dapat dimanfaatkan sebagai  ruang terbuka, kolam renang, area bercocok tanam, dan sebagai tempat bermain yang aman untuk anak-anak.

5.    Memiliki sumber air dan listrik yang memadai

Tercukupinya pasokan air dan listrik adalah bagian terpenting dalam memilih sebuah rumah tinggal untuk keluarga. Tanpa air dan listrik, tak ada kehidupan. Andaikan tak ada pasokan air dari PDAM, yang terpenting adalah masih adanya alternatif lain seperti tersedianya sumber air tanah yang cukup sehingga memungkinkan penggunaan sumber air bor atau sumur pompa. Mengenai pasokan listrik, jika tak memungkinkan tersedinya pasokan dari PLN, pemanfaatan teknologi listrik tenaga surya dapat menjadi pilihan.

6.    Didiami oleh keluarga yang harmonis dan religius

Ciri penting yang juga termasuk dalam kriteria rumah idaman yaitu rumah yang memiliki keluarga yang harmonis dan religius. Dengan kata lain, rumah tidak cukup hanya terpenuhi secara lahir dan material tetapi rumah juga harus terpenuhi secara psikologis maupun batin. Kesempurnaan nilai-nilai lahiriah dan batiniah inilah kemudian yang menjadi “the main model and power of home” dengan istilah rumahku adalah surgaku.

Sekian dulu artikel inspirasi pada kesempatan ini. Jangan lewatkan tulisan-tulisan menarik selanjutnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Inilah Kriteria Rumah Idaman Keluarga Masa Kini"

Post a Comment

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!