Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris

INIRUMAHPINTAR - Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris, Menguasai Bahasa Inggris mengharuskan penguasaan grammar secara umum. Grammar harus dipelajari dan dipahami, bukan hanya sekedar diketahui. Grammar harus diaplikasikan dalam semua skills berBahasa Inggris. Khusus di Indonesia, mengaplikasikan Bahasa Inggris secara langsung tanpa belajar Grammar akan terasa sulit, apalagi di pedalaman yang jauh dari lingkungan berBahasa Inggris. Namun, sesungguhnya belajar grammar tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup pelajari grammar dasar lalu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika sobat termasuk pembelajar yang aktif belajar otodidak menggunakan buku dan audio mp3, tentu ini akan terasa mudah. Silahkan atur jadwal belajar Bahasa Inggris secara konsisten. Jika fokus, satu bulan sudah lebih dari cukup untuk mempelajari dan menguasai grammar-grammar dasar untuk berbicara. Adapun jika sobat mengalami kesulitan, kursus singkat selama sebulan penuh dengan pengajar dan metode terbaik akan sangat membantu.

sumber ilustrasi: pixabay.com
Materi Grammar-grammar dasar untuk speaking di bawah ini semoga dapat menjadi referensi untuk sobat yang ingin menjadi penutur Bahasa Inggris yang baik. Silahkan tandai dan kumpulkan bahan ajar dari beberapa buku untuk menguasai materi grammar tersebut secara maksimal.

1. Singular and Plural Nouns
2. Count Nouns vs. Non-Count Nouns
3. Possessive Nouns
4. Pronouns
5. 'Be' Verbs
6. Action Verbs
7. Adjectives
8. Comparative and Superlative Adjectives
9. Adverbs
10. Simple Tense
11. Progressive and Perfect Tense
12. Perfect Progressive Tense
13. Irregular Verbs
14. Gerunds
15. Infinitives 1

16. Infinitives 2
17. Active Voice and Passive Voice
18. Indicative, Imperative, Subjunctive Mood
19. Auxiliary Verbs - 'Be,' 'Do,' 'Have'
20. Auxiliary Verbs - 'Will/Would,' 'Shall/Should'
21. Auxiliary Verbs - 'Can/Could,' 'May/Might/Must'
22. Prepositions - 'On,' 'At,' 'In'
23. Prepositions - 'Of,' 'To,' 'For'
24. Prepositions - 'With,' 'Over,' 'By'
25. Conjunctions - Coordinating and Correlative
26. Conjunctions - Subordinating
27. Conjunctive Adverbs
28. Articles - Indefinite and Definite
29. Interjections
30. Capitalization

 

Mengapa Belajar Grammar penting?

Di Indonesia, bahasa Inggris masih diposisikan sebagai foreign language atau bahasa asing. Artinya, bahasa Inggris belum menjadi salah satu bahasa tutur di kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan fakta ini, siswa-siswa yang sedang belajar bahasa Inggris di sekolah kesulitan memperoleh lingkungan yang memadai untuk melatih kemampuan berbahasa Inggrisnya. Di sekolah sendiri, masih jarang guru bahasa Inggris yang menerapkan full English atau English day untuk para siswanya. 

Sementara itu, jika melihat struktur kebutuhan para siswa saat ini berdasarkan kurikulum, kemampuan memahami bacaan dan menyimak menjadi prioritas sebelum pelajaran berbicara (speaking). Buktinya, di ujian akhir nasional, materi atau topik soal meliputi menjawab soal-soal listening (mendengarkan) dan menjawab soal bacaan (reading comprehension). Melihat fakta ini, cara cepat untuk menguasai bahasa Inggris sebetulnya adalah mengenalkan Grammar sedini mungkin.

Banyak ahli yang menyangkal bahwa belajargrammar hanya akan menghambat kefasihan berbicara. Iya benar, tetapi jika tidak belajar gGrammar, bagaimana mungkin para siswa Indonesia mampu membuat kalimat sendiri, khususnya kalimat yang tidak pernah didengarnya. Selain itu, grammar menjadi acuan pokok untuk memahami bacaan, menjawab soal, dan menulis kalimat sendiri. 

Kelebihan yang lain adalah dengan belajar grammar, khususnya materi-materi yang fokus pada pembentukan jenis-jenis kalimat, maka para siswa bagai memiliki pancing. Mereka dapat memancing ikan sebanyak-banyaknya. Dalam hal ini, dengan dasar grammar yang baik, mereka dapat mengembangkan skill mereka sendiri seiring dengan berjalannya waktu. 

Haruskah Belajar Grammar?

Andai saja di Indonesia ada lingkungan ber-bahasa Inggris sepanjang waktu dan kita tinggal di lingkungan itu maka rasanya tidak perlu belajar grammar. Bukankah bayi belajar bicara mulanya bukan melalui grammar, melainkna dengan mendengar lalu melakukan imitasi ujaran. 

Benar saja, belajar berbica dengan mendengarkan berulang-ulang sangat efektif. Namun, bagaimana jika tidak ada lingkungan yang mendukung untuk mendengar tuturan bahasa Inggris setiap hari? Nah, di sinilah peran grammar. Lebih baik belajar grammar. Dengan grammar kita bisa buat kalimat sendiri sehingga dapat digunakan untuk berbicara. Dengan grammar kita bisa memahami bacaan sehingga dapat pula membantu untuk menjawab soal bacaan. Dengan grammar kita lebih mudah memahami pelajaran menyimak (listening) meski baiknya dibarengi dengan pembiasaan. 

Jadi, kesimpulannya adalah jika mampu tinggal di lingkungan native speaker yang berbahasa Inggris tidak usah belajar grammar agar mampu berkomunikasi. Namun, jika tidak mampu dan terlanjur berusia belasan tahun, dimana kemampuan pemerolehan bahasa telah berkurang, lebih baik belajar grammar biar tidak ketinggalan. Dari pijakan inilah nanti, baru kita imbangi dengan banyak-banyak mendengar materi bahasa Inggris.

Yang berminat belajar grammar lebih mendalam silahkan kunjungi website berikut ini: Belajar Grammar

Semoga informasi tentang Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris ini bermanfaat dan menjadi inspirasi Anda untuk belajar Bahasa Inggris lebih giat. Semangat!

2 Responses to "Grammar Yang Harus Dipelajari Dalam Bahasa Inggris"

Terimakasih atas kepatuhannya melakukan komentar yang sopan, tidak menyinggung S4R4 dan p0rnografi, serta tidak mengandung link aktif, sp4m, iklan n4rk0ba, senj4t4 ap1, promosi produk, dan hal-hal lainnya yang tidak terkait dengan postingan. Jika ada pelanggaran, maaf jika kami melakukan penghapusan sepihak. Terimakasih dan Salam blogger!